Pengembangan Model-Model Pembelajaran Untuk Siswa

Untuk model Pengembangan pembelajaran untuk siswa, sebagai guru kita harus mempunyai bermacam-macam model pembelajaran yang mengasyikkan.

1. EXAMPLES NON EXAMPLES

    Disini guru memberikan gambar-gambar atau penayangan lewat OHP sesuai dengan tujuan pembelajaran. setelah itu siswa dibentuk kelompok belajar 2-3 orang. kemudian setiap kelompok membacakan hasil diskusinya.

2. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

Penugasan diberikan kepada kelompok siswa sesuai dengan nomor, setelah itu siswa diberi tugas untuk saling kerjasama antar kelompok yang lain dengan maksud untuk mencocokkan hasil diskusi mereka.

3. COOPERATIVE SCRIPT

metode belajar ini  siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian dari materi yang dipelajari

4. STUDENT TEAMS-ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD)

seorang siswa membentuk kelompok dengan tingkat kepandaian yang heterogen, kemudian guru memberikan maetri kepada setiap kelompok.setelah itu kelompok-kelompok yang telah terbentuk dapat menjelaskan materi  yang berbeda-beda kepada kelompok lain.

5. JIGSAW (Model Tim Ahli)

siswa dibentuk ke dalam 4 anggota tiap tim, kemudian tiap orang dari setiap tim diberi sebuah materi. setalah selesai mereka kembali ke setiap timnya masing-masing. lalu mereka menjelaskan kepada tiap timnya dari materi yang telah disampaikan tadi. tim ahlli mempresntasikan hasil diskusi

6. PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI)

pada metode ini guru memusatkan pada masalah kehidupan yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi dan dialog

7. ARTIKULASI

Guru membentuk kelompok secara berpasangan, kemudian menceritakan materi yang baru diterima dari guru. kemudian secara acak siswa disuruh untuk  menyampaikan materi yang telah dijelaskan tadi.

8. PICTURE AND PICTURE

guru memberikan materi gambar-gambar yang relevan, kemudian seorang siswa disuruh untuk memasang gambar tadi secara urut yang sesuai dengan materi pembelajaran

9. NUMBER HEADS TOGETHER

ini hampirsama dengan KEPALA BERNOMOR STRUKTUR, kemudian guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil harus melaporkan hasil kerja mereka

10. MIND MAPPING

metode ini digunakan untuk mengetahui pemahaman dari siswa dengan mengambil sampel jawaban dari beberapa kelompok siswa.

11. ROLE PLAYING

untuk metode ini siswa diajak untuk peragaan sebuah drama sesuai dengan materi yang diberikan yang cocok dengan materi pembelajarannya

11. THINK PAIR AND SHARE

Metode ini hampir sama dengan brain storming dengan cara bertukar pikiran dengan temannya. untuk materi yang diambil pada metode ini sebaiknya materi yang masih hangat-hangatnya atau berita yang masih fresh

12. TALKING STIK

disini guru memberikan sebuah permainan dengan tongkat yang diberikan sebuah musik, apabila tongkat tersebut berhenti di salah seorang siswa. maka siswa tersebut harus menjelaskan materi yang telah diberikan.

13. DEBATE

disini guru bertindak sebagai moderator dan memberikan materi yang akan didebatkan. kemudian materi itu didebatkan oleh kelompok siswa. setelah dari debat tercapai masalah yang telah diangkat maka materi tersebut harus dismpulkan

14. INSIDE-OUTSIDE CIRCLE

disini seorang siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan lancar

15. STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

pada metode ini seorang siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya

One Comment pada “Pengembangan Model-Model Pembelajaran Untuk Siswa”

  1. mieela Says:

    carikan PISK donk


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: