Planet Baru Dalam Tata Surya

Hallo dunia…

Masih ingat kan akan susunan planet kita seperti  mulai dari merkurius sampai dengan pluto. tapi ada informasi terbaru dari ebuah kelompok astronom internasional bahwa telah menemukan 10 planet baru yang pusat orbitnya bukan matahari. Tim itu menggunakan kamera robotik yang mendapatkan informasi cukup banyak tentang dunia lain tersebut, bahkan ada yang cukup eksotis

Gambar sebuah Planet

Gambar sebuah Planet

kelompok astronom  yang menemukan 10 planet itu adalah itu berasal dari A.S, Rachel Street dan Tim Lister. Street adalah mahasiswa pasca-sarjana di University of California, Santa Barbara dan Las Cumbres Observatory Global Telescope Network (LCOGTN) di Santa Barbara. Lister adalah pimpinan proyek di LCOGTN.

Teknik penemuan planet ini member informasi lebih tentang pembentukan dan evolusi planet daripada teknik gravitasi. Astronom mencari “transits,” momen dimana planet lewat didepan bintangnya, sama seperti gerhana di bumi. Pada 6 bulan terakhir tim SuperWASP menggunakan 2 kamera di kepulauan Canary dan Afrika Selatan untuk menemukan 10 planet baru diluar tata surya.Kolaborasi internasional dari para astronom disebut “SuperWASP,” untuk Pencarian untuk Planet (Wide Area Search for Planets).

Teknik penemuan planet ini member informasi lebih tentang pembentukan dan evolusi planet daripada teknik gravitasi. Astronom mencari “transits,” momen dimana planet lewat didepan bintangnya, sama seperti gerhana di bumi. Pada 6 bulan terakhir tim SuperWASP menggunakan 2 kamera di kepulauan Canary dan Afrika Selatan untuk menemukan 10 planet baru diluar tata surya.

Teknik SuperWASP meliputi 2 set kamera yang mengamati kejadian transit dimana planet tepat berada didepan bintangnya sehingga memblok cahaya bintang yang mengakibatkan bintang tersebut terlihat dari bumi lebih pucat. Kamera Super WASP bekerja sebagai robot, mengamati area luas dari langit pada sekali pandang. Setiap malam astronom menerima data tentang jutaan bintang. Mereka mencari data transit dan menemukan planet. Teknik transit juga memungkinkan ilmuwan untuk menyimpulkan ukuran dan massa planet.

Kolaborator dari seluruh dunia mengikuti setiap kemungkinan planet yang ditemukan SuperWASP dengan observasi lebih detil untuk mengkonfirmasi atau menolak penemuan tersebut.

Astronom yang bekerja di Las Cumbres Observatory Global Telescope Network (LCOGTN) bekerjasama dengan UC Santa Barbara memakai teleskop robotik di Arizona, Hawaii, dan Australia. Teleskop tersebut menyediakan data berkualitas tinggi untuk dipilih untuk observasi lebih lanjut. Data ini bersama data dari Nordic Optical Telescope di La Palma, Spanyol; the Swiss Euler Telescope di Cili; dan the Observatoire de Haute Provence di Perancis Selatan; memberi konfirmasi akhir adanya penemuan baru.

Total 46 planet telah ditemukan terhadap bintang transitnya. Sejak dioperasikan tahun 2004, kamera SuperWASP telah menemukan 15 bintang dan merupakan survey transit tersukses di dunia. Planet yang ditemukan SuperWASP bermassa diantara separuh sampai delapan kali massa planet terbesar di tata surya yaitu Jupiter.

Angka dari dunia baru ini cukup menakjubkan. Sebagai contoh satu tahun versi WASP-12b, adalah setara dengan sehari lebih sedikit waktu bumi. Planet ini sangat dekat dengan bintangnya sehingga suhu siang harinya dapat mencapai 2300 derajat Celsius.

Lister dan Street dari LCOGTN/UCSB sangat gembira dengan hasil ini. Street menggambarkan penemuan ini sebagai langkah maju yang sangat besar bagi bidangnya. Lister mengatakan, “Banyaknya penemuan baru dari SuperWASP akan merevolusi pengertian kita tentang pembentukan planet. Jaringan teleskop fleksibel global milik LCOGTN memainkan peranan terpenting dari usaha dunia untuk mempelajari planet baru.”

Sumber : University of California – Santa Barbara (Fisika Asyik)

About these ads
Explore posts in the same categories: astronomi

Tag:

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

12 Komentar pada “Planet Baru Dalam Tata Surya”

  1. isneni Berkata

    ooo….

  2. aR_eRos Berkata

    Selamat kepada seluruh pemenang Lomba Desain Web Sekolah, Blog Guru, Siswa SMP SMA Se Pasuruan, semoga penjurian benar-benar berlaku jurdil, jujur dan adil hehehe. Yang belum menang *belum lo ya, bukan tidak menang* jangan putus asa. Teruskan kreatifitas kalian menjelang Lomba Web Blog Tahun 2010 mendatang. Dengan lomba ini semoga terbentuk blogger2 dan desainer2 yang handal dan berkualitas guna menggapai “Pasuruan Go Internasional” Bravo web desainer dan blogger-blogger Pasuruaaann !!!

  3. NadiA Berkata

    ooooooooooooooooooooooo………geto ta,,,,
    moga ja bisa tmbh maju ajh deh dunia tekhnologi kita……

  4. chrismes Berkata

    wah3x..seru bgt ya.,harusnya d Indonesia jg ud ad YG ambl bagian untuk hal2 seperti ini,,
    chayoo Indonesia!!!1

  5. keboaja Berkata

    Pak guru apa kabar…..

    Akhirnya ketemu sebagai sesama blogger….

  6. soiren Berkata

    wah hbat donk…

  7. Noto Berkata

    Semoga bisa diambil hikmahnya, betapa besar kekuasaan Tuhan

  8. uzi Berkata

    wawwwwww
    huebat ya
    wah smkn ingn msk jurusaan astronomi nich……

  9. n0erh Berkata

    trnYta d!dunnnnya nnnnc bNNyk sX Planet eaa,,,,,,,,
    m0ga iiiLmu tecKn0LOG! DUNyA KT truS brkmbaNg pSat,,,am1EN,,

    MANG.a y0m dtmUin y nM pLaneT nYa….?????

  10. eni Z Berkata

    NGAJAR FISIKA PLUS ASTRONOMI SANGAT ASYIIIK APALAGI KALAU MENJELAJAH INTERNET TENTANG ASTRONOMI WOW…. JUTAAN GUDANG ILMU DISANA .MESTINYA GENERASI MUDA SEKARANG PUINTER2 YA KARENA ILMU DIMANA-MANA. BAGI AKU SIH MENGAJAR FISIKA ITU IBADAH LUAR BIASA KARENA DI ALQUR’AN >80% ISINYA TENTANG SAIN /FENOMENA ALAM, SAINS MODERN BAHKAN SAINS YANG BELUM TERUNGKAP SUDAH DIJELASKAN DALAM ALQURAN. SUBHANALLAH MAKIN BESAR KEIMANANKU PADAMU YA ALLAH


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: